Informasi Penting Cara Membuat Website Perusahaan

jasa pembuatan website
by

Website sudah menjadi hal yang mesti dimiliki oleh perusahaan di era digital seperti sekarang ini. Website perusahaan berguna untuk mengenalkan perusahaan kepada masyarakat yang menggunakan internet untuk akses informasi. Di dalam website tersebut bisa dimasukkan profil perusahaan serta informasi dari kegiatan dan aktivitas perusahaan. Oleh karena itu,  cara membuat website perusahaan keberadaan sangat dibutuhkan perusahaan agar bisnis yang dijalankan bisa lancar.

Website secara sederhana adalah sebuah layanan halaman informasi digital yang bisa dinikmati lewat internet. Website sendiri terdiri dari berbagai macam konten, mulai dari teks, gambar, audio dan juga video. Untuk membuat website kini juga tak terlalu sulit, karena banyak web developer yang bisa membantu kita dalam membangun sebuah website.

Website perusahaan utamanya memang harus berisi profil perusahaan. Namun, banyak perusahaan yang juga memanfaatkan website untuk memasarkan produk mereka. Cara ini sangat efektif untuk menarik calon konsumen atau klien di era digital ini. Maka dari itu, desain dari website-website perusahaan sekarang ini sangat bervariasi.

Dalam membangun sebuah website perusahaan, perlu adanya perencanaan konsep yang matang. Ini karena website yang akan dibuat adalah website perusahaan yang harus dibuat dengan serius. Pembuatan website perusahaan harus melibatkan jajaran direksi dan pimpinan perusahaan secara langsung agar website yang dibuat sesuai dengan keinginan.

Cara membuat website perusahaan memang cukup rumit. Namun bukan berarti sulit dilakukan. Dengan cara yang tepat, membuat website perusahaan akan terlihat menawan dan user-friendly. Lalu, hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam membuat website perusahaan? Berikut ini adalah beberapa tips / cara membuat website perusahaan agar sukses di dunia maya

1. Perencanaan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan dengan matang bersama jajaran direksi atau pimpinan. Website perusahaan bisa dibilang wakil perusahaan di dunia maya. Oleh sebab itu, merencanakan pembuatan website bersama-sama merupakan hal utama yang harus dilakukan agar website perusahaan yang akan dibuat akan sesuai dengan keinginan.

2. Konten

Selanjutnya adalah penentuan konten apa yang akan dimasukkan ke dalam website perusahaan. Seperti yang sudah disebutkan di awal, konten dari sebuah website bisa berupa teks, gambar, audio dan juga video. Pemilihan konten yang tepat akan membuat pengakses website perusahaan kita menjadi nyaman. Itulah yang disebut dengan user-friendly. Jangan hanya memilih satu konten saja, misalnya website hanya berisi teks saja. Hal tersebut akan menjadikan website perusahaan terlihat kaku. Kombinasi teks dan gambar sangat direkomendasikan untuk konten utama.

3. Konsep Desain

Setelah konten sudah siap, selanjutnya adalah desain website. Tahap ini bisa dibilang tahap yang sangat krusial, karena desain website menentukan banyak tidaknya pengunjung dari website perusahaan. Tampilan yang tak terlalu rumit dan berbelit akan membuat website perusahaan lebih user-friendly. Sudah banyak contoh desain website bagus yang bisa dijadikan patokan. Dalam hal ini, memilih web develepor yang berpengalaman juga sangat direkomendasikan. Web developer yang sudah malang melintang dalam pembuatan website akan memberikan berbagai macam kemudahan.

4. SEO

SEO atau Search Engine Optimalizm adalah sebuah cara untuk membuat website atau blog kita tampil di urutan teratas mesin pencari, khususnya Google. Berada di urutan teratas mesin pencari tentu akan membuat website kita menjadi rujukan pertama oleh para pengunjung. Dengan begitu, website kita bisa terkenal dan dampaknya bisa langsung ke perusahaan. Agar website perusahaan kita berada di urutan teratas mesin pencarai dan mendapatkan jumlah pengunjung yang signifikan, maka buatlah konten yang SEO-friendly. Gunakan kata-kata atau keyword yang mungkin akan dicari oleh para user di konten website kita.

5. Personalisasi

Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah personalisasi website perusahaan. Personalisasi disini berhubungan dengan desain website. Gunakan simbol atau logo perusahaan di tempat yang tepat pada website perusahaan. Desain website yang ikonik dan mencerminkan perusahaan kita juga sangat berpengaruh dalam personalisasi website perusahaan.

6. Inovasi Konten

Konten utama dari website perusahaan yang paling sering digunakan adalah teks dan juga gambar. Agar website perusahaan lebih menarik gunakan pula konten lain seperti audio dan video. Konektivitas dengan web streaming video seperti Youtube, Vines atau Dailymotion bisa dilakukan untuk memperkaya konten website perusahaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah penempatan konten tambahan tersebut. Jangan sampai penempatannya salah sehingga mengganggu pemandangan.

7. Menarik Pengunjung

Langkah selanjutnya adalah menarik pengunjung. Menarik pengunjung agar datang ke website perusahaan kita berhubungan langsung dengan desain, konten dan SEO. Kombinasi dari hal-hal tersebut bisa menjadikan traffic website kita menjadi tinggi. Yang perlu diperhatikan adalah menentukan calon pengunjung website kita. Misalnya perusahaan kita bergerak di bidang properti, target pengunjung website perusahaan kita tentu orang-orang yang sudah bekerja atau berkeluarga, bukan anak-anak SMA. Maka konten harus bisa memuaskan target pengunjung website perusahaan.

8. Pemilihan Web Developer

Dari beberapa tips yang sudah disebutkan, tips terakhir ini bisa dibilang melingkupi semua hal tersebut yaitu pemilihan web developer yang tepat. Web developer tak hanya membantu dalam pemilihan domain atau desain website. Lebih jauh lagi, web developer juga bisa membantu kita dalam menentukan konten website, merubah pengunjung menjadi customer, hingga membuat artikel-artikel yang SEO-friendly. Pilihlah web developer yang memang sudah berpengalaman dan sudah mempunyai portofolio yang dipertanggungjawabkan. Menggunakan jasa web developer tentu akan mempermudah kita dalam membangun sebuah website perusahaan. Kerja sama yang dilakukan pun bisa jangka panjang, tak hanya desain website saja namun bisa dalam hal perawatan dan pengembangan website perusahaan.

Demikian tadi beberapa tips dalam membuat website perusahaan yang bisa dipraktekkan. Website perusahaan yang dibuat memang harus berisi profil dan informasi mengenai perusahaan, namun konten dan desain juga harus menjadi perhatian utama agar website perusahaan kita dapat menarik konsumen atau klien yang membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan kita.

Share

Leave a Reply